Kerajinan Pelepah pisang

Kerajinan adalah salah satu keunggulan daya tarik wisata yang mampu mendukung Yogyakarta sebagai kota pariwisata . beragam kerajinan ada di kota ini , benyaknya kerajinan kerajinan tersebut, membuat sebagian orang ingin terus berinovasi, menciptakan karya karya baru. kerajinan pelepah pisang ini misalnya, kerajinan yang digeluti oleh pak wardani sejak tahun 2000 di dusun pringgolayan,baguntapan bantul ini, mampu menembus pangsa pasar Internasional. berawal dari usahanya dibidang kerajinan kayu, yang semakin lama semakin sulit, ia mencoba berkarya pada kerajinannya dengan menggunakan media pelepah pisang. usaha ini ternyata mampu menarik tenaga kerja yang cukup banyak , di tengah masa masa sulit seperti ini ,usahanya dapat memperkerjakan para pemuda di kampungnya, yang menurutnya untuk mengurangi pengangguran.
Tidak semua pisang dapat digunakan untuk kerajinan ini ,Bahan baku yang digunakan biasanya pisang gepok, pisang raja ,dan pisang ambon. untuk prosesnya , pelepah pisang yang didatangkan dari daerah parang tritis ini di pilih yang bagus, atau kelihatan teksturnya kemudian diambil kulit arinya yang kemudian ditempel dan dipanaskan menggunkan solder hingga halus dan melekat , baru diamplas dan difinishing. untuk finisingnya , barang setengah jadi tersebut dirapikan dan di semprot menggunakan melamin agar pelepah pisang tersebut dapat mengkilat. untuk tambahan asesoris mereka menggunakan rotan sebagai pemanis. menurutnya produk yang dapat dihasilkan dari kerajinan pelepah pisang ini cukup beragam.

Kerajinan Pelepah pisang ini , mampu mencapai pasar internasional , seperti negara negara di Amerika Australi dan jerman, yang pemasarannya langsung diambil oleh triding atau pengepul. akibat kenaikan BBM akhir akhir ini ternyata juga berdampak terhadap industri kerajinan tersebut.

Melalui pengalaman dan ketekunan di dalam memproduksi suatu barang apapun , apapun yang dihasilkan , pastilah barang yang dibuat , akan baik . Selain itu , berusahalah untuk tetap menjaga kualitas atau mutu barang yang dihasilkan . Dengan hanya memanfaatkan pelepah pisang , dan sebagainya , melalui tangan-tangan terampil , maka , dusun pringgolayan,baguntapan bantul ini, masyarakatnya dikenal sebagai industri pembuatan kerajinan pelepah pisang.

Tommy

58 Komentar

  1. agust said,

    26 November, 2007 pada 1:46 pm

    Dear Bpk/Ibu Yth.,
    mohon bantuan informasi, bagaimana cara agar pelepah pisang bisa awet, dan bagaimana cara mengawetkannya
    terimakasih

  2. dwi cahyono susilo said,

    4 Februari, 2008 pada 3:31 pm

    Dear Bpk/Ibu Yth.,

    saya Dwi Cahyono Susilo, tinggal di demak, jawa tengah, dan saat ini saya sedang merintis usaha kerajinan pelepah pisang, khususnya membuat kertas dari pelepah pisang, kemudian saya buat beraneka ragam bentuk kerajinan, termasuk untuk souvenir pernikahan. mohon informasinya tentang pemasaran. harga sangat terjangkau karena bahan baku sangat murah. telp. 0-8888-152-501 atau 0-888-906-1098. untuk pemesanan kertasnya saja juga kami siap stock banyak, dengan aneka motif.
    terimakasih

  3. Sunaryo said,

    18 Februari, 2008 pada 12:21 am

    Dear Bpk/Ibu Yth.
    mohon informasi bagaimana cara pengolahan limbah pelepah pisang,sekaligus
    pewarnaan,bagaimana pula agar serat kertas dari pelepah pisang bisa terlihat jelas hingga tak menyerupai keertas semen,Terimakasih sebelumnya.

  4. Nina said,

    19 Februari, 2008 pada 2:50 pm

    mohon bantuan informasinya,bagaimana caranya agar pelepah pisang bisa awet, dan bagaimana cara pengawetannya.

    Terima kasih

  5. Raden Mas Bayu said,

    18 Maret, 2008 pada 10:54 am

    data2 disini bagus, terutama data utk mahasiswa KKN yang butuh informasi utk program kerja KKN, misal Kerajinan pelepah pisang, limbah kertas…
    Sukses selalu aja ya..
    Thanks

    -RM. BAYU-

  6. wiranata said,

    27 Maret, 2008 pada 9:02 am

    data n informasinya sudah bagus. tp, tolong tambah gambar kerajinannya agar teman-teman dapat melihat nya

  7. victris ariscasari said,

    28 Mei, 2008 pada 7:29 pm

    Ass,,wr,,wb
    Saya Misnawaty tinggal di limboto kab. Gorontalo.
    Saya adalah seorang Guru keterampilan. Saya ingin mengetahui bagaimana caranya membuat batik dari pelepah pisang.
    terima kasih

  8. setiyo said,

    5 Juni, 2008 pada 5:11 pm

    produk apa saja yang telah anda hasilkan dari serat pisang saat ini, dapatkah kami memperolehnya, dan adakah kemungkinan kami bisa bekerja sama dengan anda? melihat di sekitar kami saat ini banyak pohon pisang yang batangnya belum dimanfaatkan, apa yang dapat kami lakukan?

  9. YULI said,

    18 Agustus, 2008 pada 12:39 am

    SAYA INGIN USAHA DARI PELEPAH PISANG INI.
    SAYA INGIN TAHU CARA PENGOLAHAN PELEPAH PISANG INI SAMPAI SIAP MENJADI BAHAN BAKU APA SAJA.
    PELEPAH PISANG INI BISA DIJADIKAN APA SAJA UNTUK KERAJINAN..YANG TENTUNYA UJUNG-NYA BISA MENGHASILKAN DUIT…
    TERIMA KASIH…

  10. rony said,

    7 September, 2008 pada 9:21 pm

    saya ingin berwirausaha tentang pelepah pisang dan saya ingin tahu bagaimana cara mengawetkan pelepah pisang tsb.
    terima kasih……

  11. rony said,

    9 September, 2008 pada 11:41 am

    ass.wr.wb
    sebelumnya saya minta maaf atas hilangnya Email saya?!
    saya ingin bertanya dan saya juga ingin menimba ilmu untuk bagaimana cara MENGAWETkan pelepah tsbt dan bagaimana caranya.
    terima kasih.

  12. ony said,

    14 Oktober, 2008 pada 1:46 pm

    saya tertarik dengan adanya kerajinan pelepah pisang dan saya mau bertanya tentang cara pengolahannya,bagaimana cara mengawetkan dan memasarkannya dan bisa dibuat apa saja kerajinan tersebut.bagi bapak/ibu yang bermurah untuk membagikan ilmunya saya ucapkan banyak terma kasih
    E-mail vr.rony@yahoo.co.id
    tlp.(081)938070027

  13. Arif said,

    16 Oktober, 2008 pada 4:11 pm

    Ass.wr.wb.
    Saya tertarik dengan kerajinan pelepah pisang. Mohon informasi mengenai proses pembuatannya mulai dari bahan mentah pelepah pisang. Atau ada trainingnya? atau insayallah saya dapat berkunjung ke Yogyakarta. Mohon alamat lengkapnya.
    Wassalam, Arif

  14. IRWAN said,

    9 November, 2008 pada 9:17 pm

    tOLONG BERI TAHU ALAMAT LENGKAP BAPAK WARDANI

  15. IRWAN said,

    9 November, 2008 pada 9:21 pm

    TOLONG BERI TAHU ALAMAT ATAU NO TELP BP WARDANI
    KIRIM EMAIL KE balitoer19@yahoo.co.id

  16. ida said,

    19 November, 2008 pada 1:47 pm

    saya ingin berwirausaha aneka kerajinan berbahan dasar pelepah pisang dan saya ingin tahu bagaimana cara mengolah dan mengawetkan pelepah pisang yang baik, karena selama ini pelepah pisang yang saya olah hasilnya kurang baik ; kaku, dan warnanya kurang bagus, mohon infonya, terima kasih……

  17. Irwan said,

    22 November, 2008 pada 12:36 pm

    Tolong kasih tau alamat penyedia bahan baku pelepah pisang
    mohon informasinya,terutama di pulau jawa
    kirim email ke balitoer19@yahoo.com
    thanks

  18. Dodg3rs said,

    7 Desember, 2008 pada 12:22 am

    Mohon petunjuk cara pengawetan pelepah pisang, mohon juga beri info tempat pemasarannya terutama di daerah lampung (kalau ada)
    mohon kirim ke alamat email saya dodg3rs@yuurok.com

  19. sya'rony said,

    16 Desember, 2008 pada 1:08 pm

    maaf sebelumnya?kira2 nunggu berapa lama balasan dari bapak/ibu.karna tidak ada balasan.makasih

  20. wiwin winnarianti said,

    21 Januari, 2009 pada 10:17 am

    Saya mau buat usaha kerajinan dari pelepah pisang, minta tolong diberitahu cara pengolahanya dan pengawetanya, dan cara untuk membuat pelepah pisang menjadi mengkilap.

  21. herman solikin said,

    22 Januari, 2009 pada 11:02 am

    saya ingin tau cara pengeringan yang cepat & cara agar lebih awet?

  22. suparwanto said,

    24 Januari, 2009 pada 10:41 am

    mas saya mau export kerajnian dari bahan enceng gondok, pohon pisang dan dari sawit ( barang jadinya berupa karung, ras dompet untuk pabrik dan supermarket di Korea selatan)

    urgen mohon segera hubungi kami pt.global karya estetika
    telp. 021-7501167, 68614509, hp.-081382775089
    jl. ciputat raya no 56, pondok pinang, jakarta selatan

  23. Aji said,

    4 Februari, 2009 pada 4:10 pm

    Tolong kasih infonya dong, mengenai pengolahannya mulai dari A sampai Z.
    Ma kasih sebelumnya.

  24. Tino said,

    5 Februari, 2009 pada 1:11 pm

    tolong beri tw gimana cara membuat handy craft dari pelepah pisang!!! yang komplit y….. makasih sebelumnya

  25. nining said,

    11 Februari, 2009 pada 10:35 pm

    gimana cara mengawetkan pelepah agar tidak berjamur? apakah ada bahan pengawet selain peroksida?

  26. ary said,

    4 Maret, 2009 pada 8:59 am

    saya butuh informasi tentang perajin tali agel ( kerajinan dari bahan tali agel) terutama dibuat “carpet”. mohon yang mengetahui beri saya informasi dooong. thanks

  27. fenny said,

    8 Maret, 2009 pada 9:04 pm

    yth. bpk/ibu,
    bisakah saya mendapatkan info tentang bagaimana cara pembuatan nya dari awal hingga cara pewarnaan dan finishingnya agar awet? lalu apakah diperlukan proses-proses atau campuran bahan kimia tertentu agar hasil akhirnya melewati proses yang lebih cepat dan juga indah?
    terima kasih sebelumnya

  28. 20 Maret, 2009 pada 9:40 am

    Maz,kalo pisang batu (gedhang klutuk) bisa buat kerajinan ga? Tlg ya maz,klo bisa kirim caranya ke emailQ y maz mamanginu@gmail.com.mkch

  29. guruh said,

    4 April, 2009 pada 3:54 pm

    mohon di bai pengalaman proses pengolahan pelepah pisang dari bahan mentah hingga barang jadi

  30. Dede Sulaiman said,

    14 April, 2009 pada 3:11 pm

    Mohon bagi-bagi pengalaman dong, cara pembuatan kerajinan tangan dari pelepah pisang dari proses pemilihan hingga barang jadi.

    Thanks banget atas informasinya,
    Salam,

    Dede Sulaiman

  31. resma said,

    20 Mei, 2009 pada 7:46 pm

    maaf sebelumnya…saya mau bertanya tentang apa sih bahan yang biasa digunakan untuk mengawetkan bahan pelepah pisang?saya saat ini sedang merintis usaha pelepah pisang…mohom informasinya..dan terima kasih sebelumnya…kalo bisa jawabannya kirim ke email aja di aura_nisaa@yahoo.co.id..trima kasih..

  32. Joko Debog said,

    11 Juni, 2009 pada 9:13 pm

    Mohon bantuannya untuk memasarkan lukisan kami ke mancanegara pak, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih

  33. dini said,

    27 Juni, 2009 pada 10:26 am

    bagus banget
    saya ingin tau teknik pengawetannya bagaimana
    mohon diberi tau
    terimakasih

  34. ika said,

    30 Juni, 2009 pada 8:34 pm

    maaf sebelumnya saya ingin mengetahui cara bikin/mengelolah daur ulang dari pelepah pisang.
    bahan apa ja yang di butuhkan untuk menjadi sebuah kerajinan yang uunik.
    baik itu cara pengeringan, pewarnaan +bahan pewarna apa yang digunakan??,

    tolong di blz..
    terima kasih

  35. tio nugroho said,

    6 Juli, 2009 pada 9:08 pm

    bagaiman cara untuk meemulai usha ini?pemasarannya bagaimn?

  36. wira dinara said,

    24 Juli, 2009 pada 1:14 pm

    mas saya sangat tertarik dengan kerajinan dari pelepah pisang ini kalo tidak keberatan saya minta penjelasannya mengenai proses pembuatan/pengolahan hingga menjadi bahan baku siap pakai, btw saya sedang menekuni kerajinan bunga pelepah pisang. terimakasih.

  37. ipunk said,

    6 Agustus, 2009 pada 8:59 pm

    saya tertarik dengan kerajinan ini mohon klo tidak keberatan saya dberi penjelasan tentang proses dari awal sampai akhir tntang pembutan lukisan dari pelepah pisang terima kasih dan saya tunggu balasanya

  38. widodo said,

    15 September, 2009 pada 10:05 pm

    saya mw ngadain bisnis school acara workshop produk kreatif, ada yang bisa bantu n bersedia jadi trainer??????jawab lewat HP no 085227351428 ditunggu konfirm secepatnya.

  39. najid said,

    3 Oktober, 2009 pada 9:15 am

    salam kenal pak…saya najid,saya tertarik dengan bisnis bapak yang bahan nya dari pelepah pisang..kalo saya boleh tau di mana tempatnya dan nomor telepon bapak,suatu saat saya bisa kesana main kesana..sukur – sukur bisa kerjasama..terimakasih..tolong di balas di email saya…

  40. Budhi winoto said,

    10 Oktober, 2009 pada 6:39 am

    Pak tolong saya minta no tlp karena saya ada permintaan untuk export. Hub saya di 081288919100 atau 081808001881 atau e mail saya

  41. 17 Desember, 2009 pada 1:07 am

    Very interesting indeed!!
    **agel** site/blog.

  42. yohanes said,

    3 April, 2010 pada 11:05 am

    saya jon di kaliwungu

    apa bisa sy berkunjung langsung melihat proses pembuatan kerajinan dari pelepah pisang di tempat njenengan.

    trimakasih
    salam- john

  43. Dwi said,

    8 April, 2010 pada 9:38 am

    Bapak/ibu yth,
    Saya dwi,saya pgn bs berwirausaha khususnya mengolah limbah pisang.namun,saya blm mempunyai bekal apapun untuk bs mengolahnya.mohon bimbingan dan cara menjadikan limbah pisang sebagai souvenir atau barang yang berharga.
    Terimakasih…..

  44. athin08 said,

    24 Mei, 2010 pada 10:30 am

    saya atin,pelajar dari pati..
    saya kepengen lihat hasil kerajinan pelepah pisang yang sudah jadi buat nambah inspirasi.boleh?

  45. chandra triasmadi said,

    16 Agustus, 2010 pada 3:17 pm

    Bapak/Ibu yth ,
    saya chandra..
    dimana saya bisa belajar membuat kerajinan dari pelepah pisang? saya berdomisili di Yogyakarta, tlng info alamat dimana saya bisa belajar..

  46. nilu said,

    30 Agustus, 2010 pada 12:06 pm

    bagaimana cara mengolah pelepah pisang menjadi barang yang berguna????

  47. adi kurniawan said,

    22 September, 2010 pada 5:50 pm

    saya pembuat kertas seni dari pelepah pisang

    alamat : ledoknongko bangunkerto turi sleman yogyakarta.

    saya menjual kertas seni dari pelepah pisang dengan kriteria :
    ukuran: 90cm x 70cm
    warna : natural
    warna
    putih natural
    utuk prodak jadi , kami jg menyediakan berbagai prodak2 seperti kotak tisu,kap lampu,figura , dll
    bagi syapa saja yang berminat silahkan hubungi d no (0274) 8228793
    kami jg siap untuk mengadakan pelatihan apabila ada yg berminat
    …………… terimekasih …………..

  48. hengky surentu said,

    4 November, 2010 pada 7:26 am

    Ykk pak Adi Kurniawan, di Sleman.
    Saya mohon kerjasama/Mitra kerja ut Usaha berbahan baku pelepah pisang. Jika berkenan.
    Salam
    Hengky.
    sms/085240046535, 085240712348.

  49. Alfin said,

    6 November, 2010 pada 1:32 am

    Yth. Bpk/Ibu
    Saya Alfin , Saya Pengen Ngajak Bermitra kerja, bagi bpk/Ibu yg bisa bantu terima bahan baku pelepah pisang kering saya , sementara ini dlm 1 minggu saya dapat memproduksi pelepah pisang kering 1 – 2 ton. bagi bpk/ibu yg berminat hub. saya di 081349628918.

    saya tunggu infonya ya………..

  50. desy said,

    3 Februari, 2011 pada 1:08 pm

    As…pak, saya sangat tertarik dengan kerajinan dari pelepah pisang ini. apalagi di daerah saya pisang sudah menjadi tanaman umum masyarakat. bagaimana teknis pengolahannya pak? apakah ada material khusus yang digunakan? mohon petunjuknya pak..Smga ilmu yg diberikan bermanfaat bagi kami.

    saya sangat menunggu informasinya pak….
    wasalam
    Desy-Riau
    0852 2272 7670

  51. giant said,

    29 Maret, 2011 pada 6:56 am

    apakah bisa memasang iklan hasil kerajinan tangan pelepah pisang di website ini…????

  52. didik said,

    25 September, 2011 pada 4:26 pm

    sayajuga sangat tertari dengan bisnis pelepah pisang ini, mengingat di lingkungan saya banyak sekali pohon pisang. kalau bisa tolong kasi tau caranya mengeringkan pelepah pisangnya. thx didik_2@yahoo.com

  53. 1 Oktober, 2011 pada 7:27 pm

    bagaimana cara mengayam pelepah pisang menjadi tas.tolong di ajarkan. makasih.

  54. Darmaji said,

    14 Desember, 2011 pada 9:07 am

    Saya sedang merintis usaha Souvenir tanaman kaktus mini
    dan saat ini sudah berjalan cukup baik tapi saya masih kesulitan untuk membuat kemasan yang ramah lingkungan.
    mohon info untuk mendapatkan tali paper bag dari pelepah pisang.
    terima kasih.
    Adjie Kaktus – HP. 0813 8477 0652

  55. athe said,

    11 Februari, 2012 pada 2:17 am

    ass.bagaimana cara membuat tali dari pelepah pisang mohon balasannya

  56. yuliansyah said,

    26 November, 2012 pada 11:06 am

    saya ingin tau cara membuat kertas dari pohon pisang

  57. 28 November, 2012 pada 12:48 pm

    Ass sy sangat tertarik dengan hasil kreatif dari bahan baku yang mudah didapatkan mohon penjelasan saudara cara membuat kerajinan dari pelepah pisang terima kasih.

    Bustam – HP.0853 4070 6551 email : lidubustam@yahoo.com

  58. Bhabei said,

    13 Januari, 2014 pada 1:55 pm

    Ass..saya dari bengkulu..sangat tertarik dengan kerajinan pelepah pisang..mohon kerja samanya agar saya bisa memasarkan bahan baku siap pakai dari batang pisang..dimana saya bisa memasarkannya..berikut rincian harga…terima kasih ‘Andien 082182614444′


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

