Limbah kertas yang menguntungkan

Sebagai predikat kota pendidikan , Yogyakarta juga tidak lepas dari sebutan kota pariwisata . Untuk mendukung kota ini sebagai kota pariwisata , perlu juga adanya berbagai sumber potensi yang dapat mengangkat citra kota yogyakarta sebagai kota pariwisata . Salah satunya adalah kerajinan . Dengan berbagai macam kerajinan yang ada di kota ini , maka pantaslah , bahwa kota yogyakarta juga mendapat julukan , senagai kota kerajinan .Di kota yogyakarta sendiri, berbagai kerajinan tumbuh dengan pesat . Berbagai barang kerajinan telah mereka hasilkan . Hasil yang mereka buat , ada yang dijual ke daerah lain , maupun sampai ke luar negeri . Didukung dengan banyaknya sumber bahan dan ketrampilan yang dimiliki , maka kerajinan yang ada di kota jogjakarta tumbuh dan sangat berkembang.

Sering kita jumpai di berbagai lokasi yang ada di kota jogjakarta , sebagian masyarakatnya melakukan usaha di bidang kerajinan. Didukung modal dan ketrampilan yang mereka miliki , serta manajenen yang baik , perorangan maupun kelompok usaha , maka barang kerajinan yang dihasilkan sangat baik dan beragam .
Para pengrajin , baik pengrajin dalam skala besar maupun pengrajin dalam skala kecil , berusaha menawarkan produknya ke konsumen , sehingga muncul persaingan antar mereka .
Sementara itu , dalam memenuhi sumber bahan baku , banyak diantara mereka yang memanfaatkan sumber daya alam sepenuhnya , seperti kayu , tumbuhan , serta bahan baku yang ada disekitar kita . Selain itu , dalam menghasilkan barang kerajinan , khususnya mereka yang hanya memanfaatkan limbah , sebagai bahan bakunya , sangat dibutuhkan ketrampilan yang tinggi serta ide-ide dalam berkarya untuk menciptakan barang kerajinan . Dalam penanganannya , selain limbah tersebut di daur ulang , ada juga yang hanya dimanfaatkan sebagai asesoris pelengkap dalam menciptakan barang .
Melalui proses yang sederhana , serta ditunjang dengan penanganan yang baik dan ketelitian, maka limbah yang sebelumnya tidak terpakai , dibentuk sedemikian rupa , sehingga diperoleh barang yang lebih berguna dari pada sebelumnya .
Di kota jogjakarta , ada sebagian masyarakatnya , dalam melakukan usaha di bidang kerajinan , memanfaatkan limbah sebagai bahan bakunya . Disini , mereka memanfaatkan limbah kertas bekas , untuk kemudian diolah , dan akhirnya dijadikan barang kerajinan .
Salah satu masyarakat yang menggunakan limbah kertas untuk dijadikan barang kerajinan , adalah masyarakat di dusun Pucung , Karang Asem , Wukir Sari , Imogiri , Bantul .
Melalui sedikit penanganan , seperti pemahatan pada kertas , pemberian gambar , perangkaian , jadilah kipas yang sangat baik .
Di desa pucung sendiri , kondisi alamnya tidak begitu menguntungkan . Bertempat di daerah perbukitan kapur , dengan kehidupan mereka yang sangat sederhana , Dengan kondisi seperti ini , maka mereka sangat sulit , untuk menggantungkan hidupnya terhadap lingkungannya . Oleh karena itu , banyak diantara mereka yang keluar dari daerah tersebut , untuk mengadu nasib . Sementara itu , sebagian dari mereka , masih ada yang tinggal di daerah tersebut . Mereka berusaha bangkit dari tekanan-tekanan yang dihadapinya , hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari . Dari alasan inilah , maka , mereka mencoba memilih usaha baru yang diyakini dapat menguntungkan . Salah satu pilihan mereka adalah bergerak di bidang kerajinan .
Dengan modal yang tidak begitu mahal , mereka hanya memanfaatkan limbah kertas sebagai bahan bakunya , untuk dijadikan kerajinan . Maka , masyarakat yang tinggal di desa pucung imogiri , lambat laun dapat mengatasi kebutuhan sehari-harinya melalui kerajinan tersebut .
Sehingga , sampai sekarang , masyarakat yang tinggal di desa tersebut , hasil kerajinannya sangat terkenal . salah satunya adalah sentra kerajinan kipas dari kertas bekas .
Menurut salah satu pengrajin yang ada , yaitu Ibu Surip , mengatakan bahwa , kerajinan di desanya sudah berlangsung lama .
Menurutnya , kipas hasil buatannya ia jual ke pasar-pasar terdekat . Seperti pasar imogiri , pasar prambanan , dan sebagainya .
Lambat laun kipas yang mereka pasarkan mulai laku . Sehingga jumlah produksi harus ditingkatkan atau diperbanyak . Sampai sekarang kipas yang mereka buat sudah beredar ke daerah lain , seperti kota jogjakarta, muntilan , dan daerah- lainnya .
Dari sinilah kerajinan kipas yang ada di desa Pucung , Imogiri , mulai dikenal oleh masyarakat luas . Baik tua maupun muda , serta anak-anak , menggeluti dalam dunia usaha , pembuatan kipas dari kertas bekas .
Mereka memanfaatkan hari-harinya , maupun waktu luangnya untuk membuat kipas , demi mencari nafkah , untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari .
Dapat kita lihat , banyak anak-anak yang turut bekerja . Setelah mereka pulang sekolah , mereka memanfaatkan waktu yang berharga ini untuk mencari tambahan uang saku dan membantu orang tuanya . Selain itu , mereka ingin belajar bagaimana caranya membuat kipas tersebut.
Di desa pucung , sering kita jumpai orang-orang dari luar daerah , yang sengaja datang ke desanya , untuk membeli kipas . Diantara mereka , adalah tengkulak . Mereka sengaja datang , untuk membeli kipas dalam jumlah banyak . Mereka memanfaatkan peluang , untuk digunakan , sebagai tempat kulakan . Dan ? . Terjadilah transaksi jual beli diantara mereka .
Menurutnya , proses dalam pembuatan kipas , melalui beberapa tahapan . Pada garis besarnya , tahapan pertama , adalah pemilihan atau penyortiran kertas . Tahap kedua adalah proses pemahatan . tahap ketiga adalah proses pelukisan atau penggambaran . Dan tahap akhir , adalah proses perakitan .
Di dalam proses penyortiran atau pemilahan kertas ini , dimaksudkan untuk pengelompokkan lembaran kertas , mana yang dapat dipakai , dan , mana yang tidak dapat dipakai .
Setelah lembaran ketas melalui tahap pernyortiran , kemudian lembaran kertas tersebut dikelompokkan berdasarkan warnanya . Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam proses penanganan selanjutnya .
Kertas-kertas yang sudah dikelompokkan , kemudian disusun , menjadi beberapa lapisan . Tujuannya , agar dalam proses pemahatan nantinya , dapat dikerjakan dengan cepat . dan bentuk yang dihasilkan akan sama .
Pada tahap berikutnya , lembaran kertas yang sudah disusun , kemudian di lapisan atau bagian atas sendiri digambar , sesuai dengan mal yang sudah dipersiapkan .
Setelah itu , lembaran kertas yang sudah digambar , siap untuk dilakukan pemangkasan . Dalam proses pemangkasan ini , dibutuhkan suatu alat , untuk memangkasnya . Alat ini berupa tatah yang dimodivikasi , sehingga dapat digunakan untuk memahat dalam jumlah banyak . Proses ini dibutuhkan ketelitian dan ketrampilan si pemahat .

Jika dirasa sudah selesai , maka , lembaran kertas tersebut sudah siap untuk di proses selanjutnya , yaitu digambar . dalam proses penggambaran , juga diperlukan keahlian yang khusus . Hal ini dikarenakan , selain lebih indah , hasil yang didapatkan akan banyak . Kecepatan dalam proses penggambaran ini , tergantung pada si pembuat sendiri .
Tahap akhir dalam proses pembuatan kipas ini , adalah merangkai . Kertas-kertas yang sudah digambar , kemudian disusun satu demi satu , untuk ditempelkan di kerangka kipas . Proses penempelan inipun sangat sederhana . Sedangkan lem yang digunakan , hanyalah lem kertas biasa .
Untuk mempermudah dam mempercepat mereka dalam proses pembuatan kipasnya , banyak diantara pengrajin kipas , tinggal membeli kerangka kipas saja . Sementara , mereka hanya tinggal melakukan penempelan . Sementaraitu , kerangka kipas yang mereka pakai , sudah ada orang yang membuatkannya .
Oleh karena itu , banyak juga diantara mereka yang memanfaatkan kesempatan ini , untuk membuat kerangka kipas . Dengan terjalinnya kerjasama diantara kedua belah pihak , dan sudah mereka lakukan sejak lama , maka , mereka saling diuntungkan .
Sementara itu , menurut salah pembeli kipas , yang berasal dari kota muntilan , Heri mengatakan , hampir setiap minggunya , dia kulakan kipas disini . Barang dagangan yang dia beli , rencananya akan jual lagi ketempat lain .
Lokasi yang dia pilih , antara lain disekitar alun-alun utara kraton jogjakarta , tempat bus-bus wisata parkir , dan tempat-tempat lainnya .
Selain itu juga , pada hari-hari tertentu , mereka berjualan di daerah-daerah wisata seperti candi borobudur , candi prambanan , dan daerah sekitarnya .
Menurutnya, cara yang paling menguntungkan dalam menawarkan dagangannya, adalah naik-turun memasuki bus-bus wisata yang berada ditempat-tempat parkir . Dengan tutur kata dan penampilan , mereka berusaha memikat dan meyakinkan konsumen untuk membeli dagangannya .
Menurutnya , pada hari-hari tertentu , seperti musim liburan sekolah , hari raya , banyak sekali para wisatawan yang datang di kota jogjakarta .
Dan . Disinilah kesempatan mereka untuk memperoleh rejeki banyak .
Melalui pengalaman dan ketekunan mereka dalam memproduksi barang kerajinan , serta berusaha menjaga mutunya , sampai sekarang , masyarakat pengrajin , yang tinggal di desa pucung , imogiri , bantul , sampai sekarang kehidupan mereka menjadi tenteram .
Hanya dengan memanfaatkan limbah-limbah yang ada disekitar kita sebagai bahan baku untuk kerajinan , serta , melalui tangan-tangan terampil mereka , dan , diimbangi dengan ketekunan kita dalam menciptakan suatu karya , maka hasil yang kita peroleh , akan terwujud .

About these ads

56 Komentar

  1. andre said,

    12 September, 2007 pada 2:16 pm

    salam kenal, mbo saya minta uraian secara lengkap cara berbisnis limbah kertas maupun yang lainnya yg dapat dipasarkan secara baik di industri kecil.
    saya minta tolong uraian modal / apa saja yang diperlukan untuk bisnis ini.
    terima kasih sebelumnya. (kirim melalui email akan sangat membantu saya)

  2. andi said,

    8 November, 2007 pada 10:35 pm

    saya sangat tertarik mengenai limbah kertas maupun hasil kerajinan darikertas itu sendiri,,,,mohon uraiannya secara lengkap mengenai usaha ini.
    terima kasih

  3. dedy said,

    21 November, 2007 pada 3:42 am

    perkenalkan nama saya dedy. saya bercita cita sebagai pengusaha di desa agar pemuda pemudi di desa saya dapat bekerja, yamudah mudahan dapat mengurangi penganguran didesa saya. tetapi saya sampai sekarang belum dapat ide gimana cara penanggulangannya. saya tertarik sekali melihat artikel ibu ini tentang daur ulang kertas, saya minta tolong dong gimana cara pembuatan kertas ini, saya harap ibu dapat menerangankan secara detail. kirimkan keemail saya “Blues_arts@yahoo.co.id.”
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  4. satrio said,

    4 Februari, 2008 pada 3:14 am

    tolong donk kasih tahu saya bagai mana prosedur yang lengkap mengenai pemanfaatan bahan limbah ni

  5. Ary said,

    13 Februari, 2008 pada 9:01 am

    Salam kenal, mohon bantuannya donk….cara proses limbah kertas dan bisa dipakai untuk apa aja…makasih sebelumnya.

  6. elam atimeta said,

    19 Februari, 2008 pada 2:30 pm

    saya minta dikirim bagaimana membuat suatu kertas yang sudah gak berguna menjadi suatu karya seni. tooooloooong contohnya seperti membuat dompet dari kertas bekas. atau yang lainnya selain kertas.

  7. enno said,

    28 Februari, 2008 pada 9:01 am

    salam kenal, mohon bantuannya ya, bisakah saya dikirim lokasi industri/pengrajin kertas daur ulang yang ada di DIY? kalau ada saya butuh dan pengin banget untukbelajar/ magang. matur nuwun

  8. annots said,

    5 April, 2008 pada 4:37 pm

    boleh saya minta alamat dan nomor HP yg bisa dihubungi untuk pengrajin daur ulang kertasnya?

    mohon japri via email, thx

  9. Sasua said,

    7 April, 2008 pada 9:57 am

    Assalamualaikum.Salam kenal,saya mau tanya cara pengelolaan kertas2 bekas menjadi kerajinan yg sederhana n bermanfaat.Tlng krm ke email saya

  10. abduh said,

    12 April, 2008 pada 11:42 pm

    mau tanya. Bagaimana cara membuat screen untuk cetakan kertas. Makasih

  11. niko oktafianto said,

    23 April, 2008 pada 12:23 pm

    salam…
    saya mau minta tolong bagimana cara membuat pengelolaan kertas bekas dan gelas plastik menjadi sebuah hasil kerajinan yang bernilai jual…
    Mungkin bisa dikirim ke alamat mail saya di
    1. nikooktavianto@yahoo.com
    2. niko.oktafianto@gmail.com
    Terima kasih

  12. putri said,

    28 April, 2008 pada 1:01 pm

    Mau minta tolong ttg cara – cara pengelolaan limbah kertas yg gampang, simple, murah, tp bermanfaat bwat tugas sekolah nich.
    o yaw tapi jangan yang terlalu umum dan sering dibuat orang banyak.kirim ke email sy …
    thx.

  13. pipih said,

    1 Mei, 2008 pada 2:36 pm

    wah kayanya pertanyaan saya juga ga jauh beda denga yang lain, saya ingin tau bagaimana mengelola kertas bekas, syukur2 jadi mata pencaharian tetap, berkiut dengan pelatihan, tehnik2, modal dan pemasaran
    thanx

  14. cris said,

    15 Mei, 2008 pada 3:08 pm

    semuanya tanya tentang cara mengelolo limbah kertas jadi kerajinan, saya juga mau tanya hal itu juga?
    trus biasanya limbah kertas dijadikan kerajinan apa saja?
    bagaimana dengan limbah proyek2, misalnya potongan2 kayu, kaca, dll. di jogja carinya dimana ya? trus peralatan2 yang diperlukan?
    makasi……………

  15. taufiq azhary said,

    16 Mei, 2008 pada 11:34 am

    wah kayanya pertanyaan aku juga ga beda jauh dengan yang lain, saya ingin tau bagaimana mengelola kertas bekas, syukur2 jadi mata pencaharian tetap, berkiut dengan pelatihan, tehnik2, modal dan pemasaran
    makasih sebelumnya dan sukses selalu

  16. akhmad munif said,

    12 Juni, 2008 pada 9:36 am

    saya sangat tertarik dengan keajinan berbahan daur ulang kertas ini karena dapat mengurangi limbah rumahan yang dari barang tak mempunyai nilai menjadi barang seni yg mempunyai nilai seni yg tinggi sehingga kehidupan masyarakat dapat meningkat.Ibu mohon dapat dibagi bagaimana cara mengolah kertas tersebut menjadi barang yang mempunyai nilai seni tinggi

  17. Fani Al Biruni said,

    14 Juli, 2008 pada 3:59 pm

    aku tertarik dengan pengolahan limbah kertas, tapi gak ngerti, bisa tolongin aku gak untuk proses pengolahan dan alat-alat yag digunakan, kalou bisa aku minta foto contoh alat-alat pegolahan kertas…..!
    maksih sebelumnya.
    GOOD LUCK….

  18. Fivin Sumartanti said,

    13 Agustus, 2008 pada 2:46 pm

    Tolong dong di berikan data cara pengolahan limbah kertas dan pelepah pisang ataupun eceng gondog. Mohon di jawab melalui email saya ya.
    Biar bisa mengurangi limbah di kantaor dan daerah tinggal saya.

    Terima kasih

  19. arga said,

    1 September, 2008 pada 2:16 pm

    ya pertanyaann ku juga ngak jauh beda dengan yang lain..
    akun juga mau bertanya bagaimana cara mengolahy limbah kertas tersebut
    .

  20. Rakhmad said,

    6 September, 2008 pada 8:10 am

    Idem deh, saya sangat sayang melihat limbah kertas berserakan padahal itu mempunyai nilai ekonomis tinggi sekalian mau ajari diri pribadi dan keluarga tuk mencintai lingkungan. Kirimkan dong ke email saya cara mengolah dan memanfaatkannya. Thanks

  21. hilda said,

    13 September, 2008 pada 3:48 pm

    cool…!
    truz lindungi bumi kita
    terapkan 4R
    REDUCE REUSE RECYCLE RESPECT

  22. riska dwi ayuningtyas said,

    17 September, 2008 pada 7:13 pm

    tolong kasih tau pemanfaatan limbah kertas ini coz aq ingin berkreatifitas dg limbah kertas yg buat pucing…

  23. ratna said,

    18 September, 2008 pada 11:07 am

    tolong kasih tau cara pemanfaatan limbah dari pohon pisang coz aq ingin berkreatifitas ex membuat souvenir ato kerajinan lainnya. kalo bisa tampilkan proses pengolahan dan alat-alat yag digunakan, sekalian aku minta foto contoh alat-alat pegolahannya…..!
    maksih sebelumnya.tlg kirim lewat email:tulis_joko@yahoo.com

  24. shem said,

    1 Oktober, 2008 pada 8:18 pm

    ass .saya tertarik untuk berbisnis daur ulang .tlng info bagai mana cara mulai membagun dan menembangkannya?bagai mana cara mendapatkan bahan baku
    dan memasarkan?dimana membeli alatnya>?thanks infonya

  25. shem said,

    1 Oktober, 2008 pada 8:22 pm

    saya tertarik dengan bisnis ini.bagai mana cara memulai dan megembangkannya?
    berapa modal yang diperlukan?mungkin bisa di info ke email saya di shemscell@yahoo.co.id

  26. masthuri said,

    18 Oktober, 2008 pada 8:06 pm

    selamat malam, seperti komentar2 yang lain,saya juga mau tahu tentang bagaimana cara memprosesnya dan bahan2 apa saja yang diperlukan. tolong diterangkan secara jelas. kirim saja ke email saya. maturnuwun.

  27. hast said,

    12 November, 2008 pada 3:50 pm

    Salam kenal,Sama kaya yang laen juga pengan tau gimana cara memproses dan apa saja bahannya.tolang beri penjelasaan yang lengkap

  28. suban said,

    19 November, 2008 pada 8:18 am

    saya pengen tau dong bagaimana cara megolah limbah kertas secara lengkap

  29. Yuniansyah said,

    2 Desember, 2008 pada 10:21 am

    limbah kertas bisa dibuat apa saja? dan bagaimana proses pembuatannya. makasih!!!!!!!!!!!

  30. dodi m said,

    13 Desember, 2008 pada 7:42 pm

    bagaimana cara memanfatkan kertas dan bisa dibuat apa saja.

  31. Punco said,

    23 Desember, 2008 pada 12:28 pm

    Tolong Hubungi saya berapa kertas yang anda butuhkan, dengan harga berapa anda mampu membeli perkilogramnya, kertas apasaja yang anda butuhkan. Kirim alamat anda bila anda membutuhkan.

  32. cupids said,

    6 Januari, 2009 pada 9:40 am

    Bu..saya tertarik dengan daur ulang limbah kertas, kebetulan saya punya usaha foto copy sehingga banyak sekali limbah kertas HVS ..sebaiknya limbah kertas HVS didaur ulang jadi apa ya ?? mungkin ibu punya saran buat saya..trima kasih sebelumnya atas tulisannya..

  33. Rony AS said,

    31 Januari, 2009 pada 11:16 am

    Salam Kenal, saya rony dari Surabaya……
    mungkin ada yang tertarik dan membutuhkan Limbah Kertas yang berupa bubur kertas….bisa menghubungi saya melalui email saya reuncel@gmail.com .
    kami memiliki stock yang cukup banyak………

  34. yono said,

    3 Maret, 2009 pada 8:19 pm

    saya punya macam2 kertas,saya bingung mau di buat apa?tolong kertasini bisa di buat kerajinan apa saja!……………..

  35. dian said,

    12 Maret, 2009 pada 11:29 am

    tolong uraikan apa saja yang bisa di buat dari limbah kertas.
    saya dari kalimantan selatan, disini belum ada yang bkiin produk dari limbah kertas

  36. panji said,

    13 Maret, 2009 pada 9:36 am

    menarik…
    seru…
    mudah2an dpt menjadi mata pencaharian yg baik…
    saya tertarik mengenai cara prosedur pembuatan barang dari limbah kertasw..
    tolong diuraikan di email saya y… trims

  37. Ria said,

    25 Maret, 2009 pada 2:17 pm

    Ibu, saya berminat dengan bisnis produk dari limbah kertas ……..
    Tolong diuraikan pengolahan kertas dari awal sampai menjadi bahan yg bisa dibuat kerajinan. trus bahan dan alat2 yg diperlukan. tolong di kirim ke email saya. terimakasih

  38. agung said,

    26 Maret, 2009 pada 11:01 pm

    pengen tau cara ngRecYce kertas neh yang baaaaik

  39. agung said,

    26 Maret, 2009 pada 11:05 pm

    klo pengen tw bnyak gmn caranya!!!!!!!!!!!!!?? boleh tw tempatnya ga?????????

  40. linda said,

    28 April, 2009 pada 10:59 am

    saya sangat tertarik dengan hal ini.selain menguntungkan,pengolahan limbah kertas yang baik juga dapat menyelamatkan lingkungan.saya juga ingin memanfaatkan limbah tersebut,tapi tidak tahu carnya.saya minta bantuannya.agar tidak salah memanfaatkan.nanti malah merusak lagi.heeeee

  41. maryanto said,

    30 April, 2009 pada 8:18 pm

    Kepada Bp pengelola blog ini.

    Mohon bantuanya,dikirimi alamat yang lengkap,pusat kerajinan dari kertas limbah yang ada di Bantul,serta kami juga minta alamat email dan Web sitenya.
    terima kasih.

    Dari Maryanto (0511-7255554)
    Banjarmasin

  42. febry neu said,

    12 Mei, 2009 pada 9:28 pm

    Ibu, saya berminat dengan bisnis produk dari limbah kertas
    Tolong diuraikan pengolahan kertas dari awal sampai menjadi bahan yg bisa dibuat kerajinan. trus bahan dan alat2 yg diperlukan. tolong banget di kirim ke email saya. terimakasih

  43. Hanung Wibowo said,

    2 Juli, 2009 pada 7:49 pm

    Saya slah seorang guru di sragen, saya ingin memberikan pemahaman tentang sampah kertas yang bisa di daur ulang lagi. jadi saya mhon diberikan cara2nya gimana untuk mendaur ulang sampah kertas dan variasi2nya makasih..

  44. punk super hero said,

    28 Juli, 2009 pada 3:45 pm

    saya jg ingin menanyakan bagaimana cara mengolah limbah kertas?
    sy tertarik berwirausaha dengan memanfaatkn limbah kertas ini.. tolong dikirim ke email saya.. terima kasih..

  45. adhydagreat said,

    5 Agustus, 2009 pada 5:05 pm

    sy punya sumber limbah kertas yg buaaanyakk.. tp blum tahu cara mngubahnya menjadi barang yang komersil mohon bantuannya dong……..

  46. adhydagreat said,

    5 Agustus, 2009 pada 5:10 pm

    please email bantuannya di adhydagrea01@gmail.com

  47. ageng said,

    9 Agustus, 2009 pada 3:49 pm

    saya ingin tahu juga masalah pengolahan limbah kertas. . . . . !
    tolong dong kasih tahu caranya yang lebih jelas lagi

  48. Eko wahyudin said,

    17 Agustus, 2009 pada 6:39 pm

    Salam kenal…sy dr kediri jawa timur.
    Sy sangat tertarik dg pengolahan limbah kertas. Sy ingin memanfaatkan limbah2kertas yg ada d sekitar sy,oleh karena itu sy mohon cara,bahan selain kertas,serta alat2apa saja yg bisa digunakan untuk mengolah limbah ini agar bisa menjadi tambahan uang saku sy. Tolong dikirim ke email m_e_w_26@yahoo.com
    O y tolong hasil ap saja yg bisa dibuat dr pengolahan limbah kertas ini. terimakasih,tolong cepat y tk tunggu.

  49. fhay said,

    25 September, 2009 pada 3:37 pm

    tlong dong kirimin ke email saya ttg info dan cara pengelohan limbah kertas menjadi sesuatu yang bernilai..
    my email shofayunina@yahoo.co.id

  50. andi said,

    10 Oktober, 2009 pada 8:11 am

    gmn langkah-langkah mengolah limbah kertasnya??? hingga menjadi sebuah kerajinan??

  51. sari said,

    25 Oktober, 2009 pada 9:17 am

    mohon bantuannya bagaimana cara pengolahan limbah ini.kalau saudara membuka kursus atau pelatihan..dimana? saya tertarik.email saya ayi0002@yahoo.com
    Terimakasih

  52. KINETA said,

    4 Desember, 2009 pada 12:00 pm

    saya sangat ingin memanfaatkan limbah kertas yang ada di sekitar rumah saya.Tapi saya tidak tahu cara pengolahan limbah kertas dengan benar. Mohon bantuannya agar memeberikan info tentang pengolahan limbah kertas …..email saya kin3_ta@yahoo.com

  53. laila said,

    17 Desember, 2009 pada 10:47 am

    saya salah satu perajin limbah dalam sekala kecil kecilan mau bergabung untuk menambah wawasan sapatau dapat orderan juga. mungkin dibantu info desain terbaru apa yang lain begitu. tolong kontak ke email akau

  54. kiky said,

    8 Februari, 2010 pada 1:59 pm

    tolong dunk!!di jelasin yg jelass,,pd waktu mengelola limbah kertas!!!!!!!

  55. kiky said,

    8 Februari, 2010 pada 2:01 pm

    tolong dunk!!di jelasin yg jelass,,pd waktu mengelola limbah kertas!!!nd yang jelazz

  56. dhika said,

    9 Maret, 2010 pada 8:54 am

    saya sudah membuat kerajinan tangan dari kertas daur ulang. Klo ingin lihat hasilnya, kunjungi web Saya di http://www.risaikel.multiply.com. tapi saya bingung memasarkannya, ada yang bisa bantu gk?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: