Kerajinan Kaca

Mendengar kata kaca, yang terlintas dibenak kita adalah sebuah cermin untuk alat bantu merias diri, etalase toko berbentuk besar-besar maupun jendela rumah. Namun ternyata, ada limbah kaca yang bisa dimanfaatkan sebagai barang kerajinan dan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Adalah Muzaki, lelaki yang tinggal di dusun Sumber , Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman yang kretif ngopeni limbah kaca. Sejak tahun 1988, Muzaki mulai tertarik mengolah kaca menjadi berbagai barang kerajinan. Pada awalnya, dia belajar merangkai kaca ketika masih tinggal di pulau Bali.

 

Kaca-kaca yang bentuknya kecil-kecil itu kemudian diolah menjadi barang kerajinan dengan bantuan kawat dan lem. Semula dia berpikir, kerajinan kaca model Bali akan dinilai bentuknya terlalu kasar, mengingat Yogyakarta dikenal sebagai daerah penghasil barang kerajinan dengan modal yang halus.

 

Hasil karya Muzaki, di antaranya kap lampu, vas bunga, asbak dan sebagainya. Di luar dugaan banyak buyers mancanegara yang tertarik hasil karya Muzaki, dan memesannya dalam jumlah yang cukup banyak untuk dijual ke luar negeri. Mungkin ini dikarenakan, orang asing lebih menghargai karya-karya unik dan membutuhkan ketelatenan.  Salah satu model yang disenangi orang asing adalah model mozaik. Yakni memadukan kaca yang berbeda-beda warna sehingga memunculkan binar-binar sinar seakan kilatan blitz kamera.

 

Soal harga, Muzaki tidak mematoknya, tergantung siapa yang membeli. Kalau orang Yogya atau wisatawan nusantara yang membeli, harganya jauh lebih murah ketimbang harga yang dipatok buat pelancong asing. Harga juga tergantung rumit tidaknya proses pengerjaannya.

 

Bahan baku dengan mudah dapat diperoleh dari pabrik-pabrik maupun toko-toko kaca. Kaca yang dibeli dari pabrik memang sudah masuk kategori limbah kaca. Sedangkan untuk membuat produk yang agak besar dan bentuknya melengkung, harus menggunakan lembaran kaca, yang dibeli di toko-toko kaca. Hayo, kawulo mudo Ngayogyokarto, ikuti jejak mas Muzaki nggih.***

About these ads

50 Komentar

  1. D. Hermawan said,

    26 April, 2007 at 10:47 am

    Selamat siang, saya sangat tertarik dengan usaha kerajinan kaca milik mas Muzaki, saya dulu juga pernah tinggal di Bali dan sekarang menetap di Jogja, sayang tidak ada alamat jelasnya mas Muzaki, mohon saya dikirimi via email (okakirana@yahoo.com) alamat lengkap mas Muzaki, juga no telp. atau hp beliau, maturnuwun

  2. wijiyadi said,

    30 Juli, 2007 at 11:36 am

    mas muzaki, saya mahasiswa unnes.asli semarang. saya ingin sekali membuat karya ilmiah tentang kerajinan kaca. mohon bantuannya karena saya tidak tahu harus mulai dari mana?
    karena itu saya masih tanya kesana kemari untuk memulai karya tulis ini. mohon dikirim apa az yang diperlukan buat memulai kerajinan kaca tersebut. terimakasih

  3. Roni Roeslan said,

    1 September, 2007 at 9:04 am

    Mohon info alamat lengkap serta no tlp yang bisa di hubungi mas Muzaki.Saya tunggu di roniroeslan@hotmail.com.

    Salam,

    Roni.

  4. rusdi said,

    12 Februari, 2008 at 9:23 pm

    saya pengusaha matrial yang juga menjual kaca, di toko saya banyak limbah kaca yang terbuang percuma, adakah cara untuk memanfaatkan limbah kaca tersebut tanpa memerlukan keahlian khusus???? mohon petunjuknya, thanks.

  5. 16 April, 2008 at 3:40 am

    saya pengrajin dari jogja menawarkan hasil kerajinan kami dari bahan Aluminium (asbak, vas, mangkok, pigura, tempat sabun, tempat lilin, dll). berminat hubungi kami MK ALUMINIUM, Jl. Sidokabul 55 Umbulharjo Yogyakarta 55162, telp: 0274-7424454 atau 0817462772 email: vier_yk@yahoo.com

  6. cris said,

    15 Mei, 2008 at 3:19 pm

    wah, saya juga ingin berkerajinan dari bahan kaca, sayangnya saya tidak tahu caranya. Di jogja apakah ada kursus kerajinan kaca? bagaimana kalo di bali, dulu mas belajarnya di bali, daerah mana? apakah ada buku panduannya? biasanya kaca digunakan sebagai kerajinan yang berbentuk apa saja? Makasi……….

  7. agus budiman said,

    17 Mei, 2008 at 1:04 pm

    saya ingin sekali belajar memanfaatkan limbah kaca krn disekitar saya banyak sekali kaca berserakan sekiranya anda ada alamat saya akan kunjung dan belajar tq

  8. agus budiman said,

    17 Mei, 2008 at 1:05 pm

    saya ingin sekali belajar memanfaatkan limbah kaca krn disekitar saya banyak sekali kaca berserakan sekiranya anda ada alamat saya akan kunjung dan belajar tq. tlg sms ke

  9. Miftah said,

    25 Mei, 2008 at 1:42 am

    Hallo Mas Muzaki..
    saya mau bikin Sculpture dari kaca mas..
    bisa saya tau nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi..
    kirim email ke saya..
    mourn_thsickid@yahoo.com

    terima kasih..

  10. na2ng said,

    29 Mei, 2008 at 7:57 am

    kulo nuwun
    saya nanang dr gresik-jatim
    sudi kiranya bapak bisa menularkan ilmu mengolah limbah kaca
    matur suwun

  11. mozainury said,

    26 Juli, 2008 at 8:31 pm

    saya punya kerajinan kaca tapi saya bingung mencari yang mau menerima kerajinan saya,bila ada informasi lebih lanjut mohon hub;085646416742 atau
    metal.maniax@yahoo.co.id
    terima kasih

  12. dean said,

    31 Juli, 2008 at 4:17 pm

    terlalu bertele-tele,lebih baek tuh sampah dimanfaatin aza dan ga’usah ada yang namanya ngrusak barang”yang berkaca.so………anda”harus lebih bisa ngerti manfaat kaca untuk MASA DEPAN

  13. yanto herhanto said,

    10 Oktober, 2008 at 9:33 am

    Saya tertarik untuk memasarkan produk kerajinan dari kaca.kalo bisa minta katalog produk.bagaimana cara pesan dan syarat2nya?

  14. emang said,

    13 Oktober, 2008 at 5:18 pm

    subhanalloh…. salut, kreatip…. kratip.
    Aku justru sdg cari cara pengolahan kacanya (yg dilebur n cetak, bukan potong n bentuk). ada yang bisa bantu? terimakasih

  15. bambang yulianto said,

    14 Oktober, 2008 at 3:20 pm

    Saya membutuhkan produk yang mengandung unsur Kereta Api, berbahan apa saja.
    para pengrajin yang bisa memproduksi, dapat bekerjasama ama kita.
    Hubungi yuli_katv@yahoo.co.id atau telp. 0816991296.

  16. ratna said,

    4 November, 2008 at 8:35 pm

    saya butuh kerajinan miniatur kaca,ukuran sekitar tinggi 3,diameter2cmbermacam,ada bentuk botol mini juga,gelas dan lain2nya,tolong hub saya via sms ke 081908337598 atau 081395140126.thanks,Kami butu cepat dengan quantity sekitar 500pcs.masing2.

  17. khairunnas said,

    14 November, 2008 at 12:10 am

    MAs muzaki saya lagi kkn di daerah kecamatan seyegan sleman
    disana saya sedang mengadakan penyuluhan pemilahan sampah dan saya bingung limbah kaca harus disalurkan kemana?
    kalo dipasarkan ketempat mas gmn?
    thanks

  18. Tatik said,

    10 Desember, 2008 at 8:57 am

    Saya tertarik dg kerajinan limbah kaca yg mas produksi,Mohon dikirim alamat lengkap beserta no.telf yg bisa dihub.via email. Thanks

  19. adysetiawan said,

    20 Desember, 2008 at 1:08 pm

    Mas Muzaki ,Saya sangat tertarik dengan kerajinan indonesia diantaranya yang dari limbah kaca , kalau bisa mohon bisa diinformasikan cara buatnya. thanks

  20. Paramita Mardjukie said,

    8 Januari, 2009 at 2:10 pm

    Mas..bisa bikin botol dari kaca gak?? botol2 parfum yang kecil2 gitu lho???

  21. ary said,

    14 Januari, 2009 at 9:23 am

    saya mencari perajin yang membuat kaca mirror, bagi yang tahu mohon segera email kesaya, karena saya dapat permintaan dari pembeli. thx

  22. ekotedjo said,

    25 Januari, 2009 at 11:28 am

    bagus2 artikel nya mas….. numpang sedot ya … :)

  23. Buddy said,

    10 Februari, 2009 at 12:23 am

    Mas Muzaki, saya memproduksi Batu2 perhiasan. untuk Cin2, Brosch,Liontin,Gelang. yg semuanya sy buat dr batu2an & Fosil Kayu Asli Indonesia. Mungkin ada ide lain Untuk di Kombinasi dgn Produk Mas Muzaki..?. yg mempunyai kesan Artistik dan Exclusive.
    Ini Hot Line sy ; 08782.0752.371
    e mail ; batufosil@yahoo.com
    Atau siapapun yg akan share dgn Produk saya..?.
    Sy Tunggu ….
    Thx ya Mas.

  24. Anna Okviana said,

    3 Maret, 2009 at 10:55 pm

    Mas, saya mahasiswa hendah melakukan penelitian tentang bubuk kaca dari limbah kaca, dan pecahan botol. Di mana ya saya dapat membeli limbah2 tersebut?

  25. liya said,

    8 Maret, 2009 at 10:20 am

    aqu mau tanya ajah kaca itu awalnya terbuta dari apa?

  26. erwin suroso said,

    21 Maret, 2009 at 5:55 am

    Mas Marzuki . sudi kiranya bisa memberikan alamat dan no telpon yang bisa dihubungi, atau memberikan pelatihan secara online/ mengadakan kursus singkat ditempat bapak.trims.

  27. maryanto said,

    6 Mei, 2009 at 9:53 pm

    cara buatnya gimana mas??

  28. abi said,

    7 Mei, 2009 at 7:58 pm

    Neh namanya bisnis bukan pemanfaatan limbah, lo pemanfaatan limbah tu harusnya lebih banyak menyerapnya, jadi tolong dikembangin dunk…
    SAVE our Eart

  29. WULAN said,

    12 Mei, 2009 at 10:56 am

    Mas Muzaki,

    Saya tertarik dengan produk mas muzaki, dan saya berniat untuk memasarkan produk mas muzaki, tolong diberikan katalog atau brosur yang ada dan juga alamat lengkap dan nomer telepon yg bisa dihubungi.
    O yach, apa mas muzaki bisa buat aksesoris kamar mandi seperti tempat sabun, tempat sikat dari kaca ??
    Tolong diinfo lwt email saya : endri_75@yahoo.com

  30. sambis said,

    26 Mei, 2009 at 6:54 pm

    kami PINBOO Bandung hendak mempromosikan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik,
    pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci+crop pembuka botol,
    pin magnet,dan pin gantunagn kunci 1 muka, kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll)
    dan bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm.
    selain itu kami juga membuat id-card instan dan menjual bahan baku id-card 2 muka(bolak balik)
    terimakasih..
    tlp. (022)91147817, (022)91357313

    http://www.pinboo.org

    proprint_pinboo@yahoo.com

  31. abie said,

    31 Mei, 2009 at 5:08 pm

    mas, nyuwun tulung kirim katalog njenengan njih.
    sak derenigipun matur nuwun

  32. irwan wahyudi.SE said,

    8 Juni, 2009 at 9:51 pm

    saya memerlukan miniatur kaca, berupa botol ,semprong kecil ,ukuran tinggi 3cm s.d 7 cm , dgn diameter yang ideal. yahh kalo mungkin saya diberi petunjuk cara pembuatan dan bahan bahan membuat seperti yang saya maksud diatas. tks yudi…0511 7609800 banjarmasin

  33. Dede Nuryana said,

    5 Agustus, 2009 at 10:31 pm

    Disekitar saya banyak terdapat limbah kaca sisa dari toko matrial. Saya pernah memanfaatkan limbah2 tersebut untuk aquarium ikan cupang, pot bunga. Dengan hasil tersebut saya kurang puas. Saya ingin memanfaatkan limbah tersebut untuk barang yang membpunyai nilai seni tinggi agar mempunyai nilai ekonomi yamh tinggi. Bisa nda mas marjuki ajari akuuuuuuuuuuuuu. Matur nuwun………..

  34. julius said,

    23 Agustus, 2009 at 2:13 am

    wah, saya juga ingin berkerajinan dari bahan kaca, sayangnya saya tidak tahu caranya. Di jakarta apakah ada kursus kerajinan kaca? bagaimana kalo di bali, dulu mas belajarnya di daerah mana?

  35. julius said,

    23 Agustus, 2009 at 2:16 am

    wah, saya juga ingin berkerajinan dari bahan kaca, sayangnya saya tidak tahu caranya. Di jakarta apakah ada kursus kerajinan kaca? bagaimana kalo di bali, dulu mas belajarnya di daerah mana? saya ingin belajar donk membuat kaca….apalagi klo kaca yg bentuknya melengkung,…tolong bls ya.bls ke e-mail saya ya…julius191286@yahoo.com..thx

  36. hussein said,

    25 Agustus, 2009 at 9:54 am

    mas minta alamat dan teleponnya terima kasih

  37. amin said,

    26 September, 2009 at 6:50 pm

    mas saya tertarik dengan seni kerajinan kaca dan saya ingin mempelajarinya, tolong saya minta alamat dan nomor telepon yang bisa saya hubungi, sebelum dan sesudahnya terimakasih. (aminsaid72@yahoo.com)

  38. penjor said,

    5 Oktober, 2009 at 8:11 am

    Mas, atau pengrajin-pengrajin kaca lain, saya ini buyer mencari pengrajin dari jawa tengah untuk kap lampu mosaik.Selama ini selalu membeli barang2 dari Bali (termasuk patung batu palimanan & patung kayu sengon/albesia termasuk batik kayu & kerajinan metal sampai gazebo). Saya ingin mulai mencari barang dengan kualitas sama atau lebih dari Jawa Tengah/Timur, yang pertama untuk memberi kesempatan yang merata kepada pengrajin dari lain daerah dan juga karena ironisnya kebanyakan ide-ide barang yang saya beli di Bali itu asalnya dari Jawa Tengah/Timur yang dikembangkan di sana. Kalau ada yang tertarik atau informasi tempat pengrajin yang saya bisa datangi langsung,saya bisa diemail di balipenjor@gmail.com.Terimakasih.

  39. Mandiri Art said,

    20 Oktober, 2009 at 2:09 pm

    Assalam’alaikum mas marzuki…
    kebetulan kami juga merintis usaha di bidang yang sama… baru 4 bulan kami berjalan..kurang lebih begitu…. hanya saja mas ada di ngayogyakarta sedangkan kami berada di semarang,… semoga bisa menjadi kerjasama… hubungi saj email kami di mandirihandicraft@yahoo.com…. maturnuwun.

  40. Islahuddin said,

    9 November, 2009 at 12:41 pm

    Saya sedang mencari bentuk usaha,sudah saya coba dari bebagai media, hanya media kaca saya belum coba, bisakah saya kursus untuk dari A – Z-nya agar saya bisa menjalani usaha dari kaca ini.adapun saya di Jawa barat, mohon kerjasamanya

  41. minaret said,

    5 Januari, 2010 at 5:18 pm

    salam kenal…mau tanya nih,,asaya lagi pengrajin semprong lampu,,adagk ya?klo ada yg tahu tolong dong kasih infonya ke 081809247788. thanks

  42. andik hariyanto said,

    27 Januari, 2010 at 10:19 pm

    mas saya seorang yang sangat tertarik dengan kerajinan kaca….dan saya sangat ingin seperti mas…moga2 kita dapat kerjasama…tolong kirimi alamat mas di email saya parteoxylon79@yahoo.com…matur nuwun

  43. ongky said,

    10 Maret, 2010 at 10:10 pm

    mas, mo tanya nech. bisa produksi kerajinan botol kaca transparan yg biasa buat undangan kawinan gak?! klo bisa tlng confirm ke ocol_onky@yahoo.com or tlp di 0274-6576611. thanks.

  44. hendy said,

    24 April, 2010 at 6:53 am

    mas mujaki saya punya banyak sekali pecahan kaca di daerah sleman kalau bisa saya salurkan tempat anda bisa saya kirimkan hubungi saja no telfon kami 0274 744 22 88 thanks

  45. Bing said,

    1 Juni, 2010 at 3:19 pm

    Tolong infonya P’ Muzaki, alamat dan nomor teleponnya juga.
    Dan apakah masih membuat model kerajinan mozaik tsb ya?
    Terima kasih.

  46. akhmad muhajir said,

    6 Juni, 2010 at 1:24 pm

    pa muzuki beri saya impormasi tentang lokasi usaha bapa,,,,,,,, saya ingin belajar bapa.

  47. mikdar said,

    17 Februari, 2011 at 1:23 pm

    sy tertarik kerjinan kaca.Bantu sy bgm unt mengetahui caranya ato krjn kaca dileburJg bgs ~ mhn infonya

  48. suradi, jogjakarta plaza hotel said,

    11 Mei, 2011 at 1:17 pm

    Selamat Siang Bapak, saya mau nanya ; apa bapak bisa buat Lambang Non Smoking yang terbuat dari kaca(bulat) ketebalannya kira2 5-10 mm,
    juga tulisan tentang larangan non smoking persegi

  49. phijustphi said,

    21 April, 2012 at 2:08 am

    Assalamualaikum bapak. Pak, perusahaan kami lagi ada bisnis untuk desain dan produksi souvenir. Kalo sekiranya bapak berkenan untuk menjadi partner kami, saya bisa minta email, alamat tempat usaha bapak dan no HP bapak. Bisa hubungi saya di :
    email = luthfitria@ymail.com
    HP = 085 729 500 626
    Terimakasih bapak. :)

  50. ridwan said,

    30 Mei, 2013 at 9:26 am

    halo bagi teman2 yang ingin mengolah limbah kaca dan akan jadi ada manfaat nya saya tips.dan bisa menghubungi di no.saya 082110440099-atau emael.ridwan.msaleh16@gmail.com.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: