Batik Kayu Yogyakarta

Kerajinan adalah salah satu keunggulan daya tarik wisata yang mampu mendukung Yogyakarta sebagai kota pariwisata . berbagai sumber potensi mengangkat citra kota yogyakarta , salah satunya adalah sentra kerajinan , dengan berbagai macam kerajinan yang ada di kota yogyakarta , maka pantaslah bahwa kota yogyakarta mendapat julukan sebagai kota kerajinan.

Berbagai barang kerajinan tumbuh dengan pesat di kota yogyakarta , barang kerajinan yang mereka hasilkan ada yang di jual untuk wilayah domestik , maupun manca negara . di dukung dengan banyaknya sumber bahan baku dan keterampilan yang dimiliki , baik dari pengrajin bersekala besar maupun pengrajin dalam skala kecil , berusaha menawarkan produk terbaiknya pada konsumen , sehingga muncul persaingan antar mereka , aneka macam kerajinan yang ada di kota yogyakarta semakin tumbuh dan berkembang sesuai dengan permintaan pasar .
Seperti halnya kerajinan batik, yang sekarang ini dikembangkan bukan hanya pada media kain, melainkan pada media kayu. salah satu pusat kerajinan , khusus di bidang kerajinan batik kayu tersebut , berpusat di perusahaan wooden batik, yang beralamat jl. Bimo kurdo no.25, sapen yogyakarta . Pada mulanya perusahaan ini, membidangi produksi batik tulis kain sutera, yang berdiri tahun 1988, yang memfokuskan pada desain pakaian. batik kain sutera yang cenderung ke batik modern atau motif cina. selain motif cina ada juga yang pengembangan dari motif batik yogyakarta dengan ciri geomentris dan batik pekalongan dengan ciri non geometris . karna pemasaran batik kain ini dirasa kurang menguntungkan dan sulit untuk berkembang, maka perusahaan ini mencoba untuk beralih dari media kain kemedia kerajinan kayu. kerajinan batik kayu mulai dikembangkan pada tahun 1992 .

Beberapa produk seperti patung, topeng, vas bunga, pigura, dan beberapa peralatan makan, di disain menarik dengan menggunakan desain- desain batik. selain untuk melestarikan budaya batik, juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. menurut heri Suprianto selaku kepala produksi, sekarang perusahaan kerajinan ini memerlukan tenaga kerja yang banyak, untuk itu mereka membaginya menjadi beberapa lokasi cabang perusahaan.
Pemasaran hasil kerajinan batik kayu ini dengan sistem konsinansi atau menitipkan barang pada caunter-caunter di mall-mall di daerah yogyakarta , untuk pengembangan pemasaranya sudah sampai manca negara , itu terbukti dengan adanya bayer tetap yang sudah menembus pasar internasional , meliputi negara jepang , spanyol , amirika dan beberapa negara asia
Proses seni kerajinan batik kayu ini , hampir sama dengan seni membatik pada kain , yang membedakan hanya bahan bakunya . heri suprianto mengatakan untuk kerajinan batik kayu tersebut bahan bakunya di datangkan dari daerah banyumas berupa kerajinan bambu seperti produk keranjang dan tirai , untuk daerah grebak , secang magelang seperti botol dan tongkat kayu , sedangkan dari bantul produknya berupa mangkok dan barang-barang bubut dan dari wonosari patung berupa hewan-hewan . untuk proses membatik di awali dari pembuatan desain batik pada bahan bakunya .
Setelah proses desain pada bahan baku kayu , dengan menggunakan pensil kemudian menuju ke proses pembatikan , yang menggunakan bahan baku malam , dalam penggunannya malam tersebut harus dalam keadaan cair dengan cara memanaskannya dalam wajan kecil atau biasa di sebut canting di atas kompor kecil .
Untuk proses pewarnaan batik kayu ini , bahan yang digunakan adalah zat warna Naptol dan zat warna indogosol . Pada saat proses pewarnaan dengan mengunakan zat naptol tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena warna menjadi pudar , sebaliknya zat warna indogosol membutuhkan sinar matahari untuk menimbulkan warnanya , kemudian untuk menetapkan warnanya mengunakan larutan HCL dengan cara di celupkan , pemberian warna pada batik kayu ini tergantung pada beberapa kombinasi warna yang diinginkan .
Untuk proses selanjutnya dilakukan pengeringan dengan di jemur ditempat terbuka . kemudian dilanjutkan dalam proses pelorotan malam , yang mengunakan cairan HCL , soda kostik , TRO atau turkish red oil dan soda Abu untuk menguatkan warna . bati kayu tersebut di cuci mengunakan air tawar , sampai benar-benar bersih dari kotoran-kotoran dan larutan HCL , yang selanjutnya di jemur kering angin .

finisihing pada kerajinan batik kayu , mengunakan bahan aqua laker . sedangkan untuk bahan yang fungsional seperti mangkok , piring atau sendok mengunakan bahan khusus yang aman untuk kesehatan .
Hasil kerajinan batik kayu ini , untuk barang-barang yang memerlukan tambahan asesoris , seperti figura atau patung-patung dilengkapi dengan asesoris kaca atau cincin untuk mempercantik batik kayu tersebut . kemudian kerajinan itu dikemas dalam kardus , yang sebelumya diberi kertas rumput sebagai pelindung agar aman dari gesekan , saat pengiriman barang . Harga barang kerajinan batik kayu ini cukup berpariatif , mulai dari empat ribu rupiah sampai kisaran dua ratus ribu rupiah .
Pengembangan desain untuk kerajinan batik kayu ini , selain ada desain khusus , juga di dapat dari internet atau pemesan membawa desain sendiri . beberapa jenis model desain yang di minati oleh konsumen , untuk masyarakat indonesia biasanya menyukai desain dengan motif-motif tradisional atau desain yang teratur , sedangkan konsumen asing lebih menyukai desain modern , dengan motif-motif abstrak atau tidak teratur . selain pengembangan desain motif , mereka juga menambah desain barang .
Melalui pengalaman dan ketekunannya dalam menciptakan suatu karya , maka hasil yang kita peroleh , akan terwujud . dengan memproduksi barang-barang kerajinan , serta berusaha untuk tetap menjaga kualitasnya , maka kerajinan batik kayu tersebut kini telah beredar kemana-mana . Bahkan hasil kerajinan yang mereka buat , sudah sampai kemanca-negara .

15 Komentar

  1. Renny said,

    15 Februari, 2007 pada 10:55 am

    Bisa tidak saya mendapatka alamat2 sentra kerajinan ( langsung pengrajin-nya ), untuk batik kayu ini.
    KArene saya mau jual lagi, jadi kalo sudah masuk di toko/ perusahaan besar…harga-nya sudah mahal..
    Tanks…mohon info-nya….

  2. gabhan said,

    7 April, 2007 pada 8:47 pm

    Kan… dah ada alamatnya tuh….

    Seperti halnya kerajinan batik, yang sekarang ini dikembangkan bukan hanya pada media kain, melainkan pada media kayu. salah satu pusat kerajinan , khusus di bidang kerajinan batik kayu tersebut , berpusat di perusahaan wooden batik, yang beralamat jl. Bimo kurdo no.25, sapen yogyakarta . Pada mulanya perusahaan ini, membidangi produksi batik tulis kain sutera, yang berdiri tahun 1988, yang memfokuskan pada desain pakaian. batik kain sutera yang cenderung ke batik modern atau motif cina.

  3. Mas Irfan said,

    25 Juli, 2007 pada 9:13 pm

    Great innovation for Bimkur, always success

  4. Mas Irfan said,

    25 Juli, 2007 pada 9:31 pm

    Mas Heri ada lowongan kerja gak di Bimo Kurdo, ini dari irfan temannya

  5. 31 Juli, 2007 pada 12:55 pm

    Salut batik indonesia harus mampu mewarnai dunia baik lewat media kayu, kain, batu, logam, plastik dlll

  6. enny said,

    31 Juli, 2007 pada 1:03 pm

    sy mo tau di wilayah gunung Kidul d sentra kerajinan batik kayu g???Klo d di mana?sy pingin jual lagi…..trims.Tolong selengkap lengkapnya yyyy!!!!

  7. Marlin said,

    3 November, 2007 pada 8:48 pm

    Mungkin ada yang berminat beli atau koleksi kerajinan topeng batik, atau batik kayu yang lainnya dapat menghubungi kami.

    Thanks

  8. benny said,

    19 Maret, 2008 pada 10:53 pm

    mas sy seorng ank muda yg paling muda di kudus,sy pengrajin/spesialis motif cina…….sy anak dari agus safari yg sudah terknal dijawa tengah dg hasil karyanya..kalo ada yg minat tolong hub sy….ato langsung datang ketempat produk sy di kudus.almt sy,ngaringan klumpit 03/06 gebog kudus,59354…….dijamin puas dg hasil kerja kami
    thanks

  9. Rizka said,

    24 Maret, 2008 pada 7:16 am

    Welcome to my blog specially dedicated to Wooden Batik. It’s bsed in Jogjakarta where the batik culture is strongly root. Enjoy your visiting and thank you.

  10. Andry said,

    2 Mei, 2008 pada 11:32 am

    Assalamu’alaikum…

    Saya sebagai pedagang makanan ingin mencoba berjualan Bahan Kerajinan diantaranya BATIK. Jenis Batik pada saat ini sangat berkembang maju hingga bisa eksport ke mancanegara.

    Apakah saya bisa diberikan semacam brosur atau info selengkapnya untuk saya berjualan ???

    Tentunya saya mendapatkan barang berkualitas, dengan harga yang bisa memberikan keuntungan. Sama2 di Untungkan,

    Mohon bantuan Anda…

    Andry (mahasiswa UPN’02)
    Maen2 k T4 q,……

  11. trisnawan said,

    7 Agustus, 2008 pada 8:50 am

    tapi bahan2 kimianya kira2 ramah lingkungan g ya

    • riyadi said,

      18 April, 2010 pada 8:31 pm

      untuk finiching kita bisa gunakan dgn pengencer air tentu ramah lingkungan

  12. avril said,

    2 Maret, 2009 pada 3:09 pm

    saya beminat untuk saya jual lagi, saya minta contack person nya yaahc..sapa tau kita bisa kerja sama..

  13. riyadi said,

    23 Mei, 2009 pada 11:49 pm

    tuk urusan batik kayu bs ni hub ma bagong handicraft,kirim aja emal ke batik_krebet99@yahoo.co.id….langsung ke perajin

  14. riyadi said,

    18 April, 2010 pada 8:24 pm

    hidup = bekarya………………………………….

    Nantikan karya terbaru bagong handycraft batik kayu model terbaru lihat dan koleksi karya – karyanya di acara pameran terbesar 2010
    Acara : Pameran INACRAFT 2010
    tempat : Hall B no 21-26 JCC Jakarta
    Waktu : 21-25 April 2010
    CP : riyadi jibril 081802613154


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: