MBREJO , GODEAN , AWAL KERAJINAN GENTENG

Citra kota Yogyakarta , tidak lepas dari sebutan kota pariwisata .Salah satu pendukung kota kota pariwisata , perlu juga adanya berbagai sumber potensi yang dapat mengangkat Yogyakarta sebagai kota pariwisata . Salah satunya adalah sentra kerajinan . Dengan berbagai macam kerajinan yang ada di kota ini , maka pantaslah , bahwa kota yogyakarta juga mendapat julukan , sebagai kota kerajinan .

Di kota yogyakarta sendiri, berbagai kerajinan tumbuh dengan pesat . Berbagai barang kerajinan telah mereka hasilkan . Hasil yang mereka buat , ada yang dijual ke daerah lain , maupun sampai ke luar negeri . Didukung dengan banyaknya sumber bahan dan ketrampilan yang dimiliki , maka kerajinan yang ada di kota jogjakarta tumbuh dan sangat berkembang . Para pengrajin , baik pengrajin berskala besar maupun pengrajin berskala kecil , berusaha untuk menawarkan produknya ke konsumen .
Salah satu pusat kerajinan , khususnya di bidang kerajinan genteng, adalah desa mbrejo godean . Untuk menuju ke dusun tersebut , kita jumpai area sawah yang luas . Dengan jalan dusun yang tidak begitu luas , meskipun sudah diaspal , keberadaan dusun ini sangat lengang , jauh dari kebisingan-kebisingan . Sementara , aktifitas masyarakatnya yang tinggal disini , sebagian besar , berkecimpung dalam usaha pembuatan genteng . Dapat kita lihat , tobong-tobong pembakaran genting , senantiasa mengeluarkan asap putihnya , tanda adanya proses pembakaran dari mereka . Sederetan genteng , baik dijajar , maupun jemuran genteng , menghiasi halaman mereka . Sementara , aktivitas pembuatan genteng , tampak kesunyian . hanya bunyi mesen pres mereka , yang setiap saat berputar . Dan kegiatan seperti inilah yang tampak pada masyarakat dusun mbrejo . Hampir sebagian besar , masyarakatnya memproduksi kerajinan genteng , yang merupakan hasil dari tangan-tangan terampil mereka . Dengan banyaknya diantara mereka yang terjun untuk menggeluti kerajinan ini , maka di desa mbrejo Godean, yogyakarta , sekarang menjadi sebuah desa yang terkenal dengan , desa kerajinan genteng .
Berawal dari kegiatan sebagai pengrajin batik, yang menurutnya kurang menguntungkan, dan mengalami penurunan selama tiga tahun, maka pada tahun 1923 yang menurut bapak mangku prawiro, salah satu tokoh masyarakat di desa tersebut mengatakan bahwa tanah di desanya baik untuk membuat kerajinan genteng . setelah itu masyarakat berduyung–duyung untuk berusaha membuat kerajinan genteng . Pertama kali model yang di buat adalah genteng astogino , atau biasa disebut genteng jawa .

Bapak Sumarjo, salah seorang pembuat gendeng yang pada awalnya meneruskan usaha bapaknya yang meninggal dunia pada tahun 1958.

Untuk pembuatan gentengnya, bapak Sumarjo mengambil tenaga kerja dari Wonosari, karna di desanya masyarakat lebih memimilih untuk mendirikan sendiri usahannya, dari pada harus bekerja dengan orang lain. Hingga saat ini , pemasarannya mecapai daerah- daerah di luar jawa. Sehariannya , bapak Sumarjo dapat menghasilkan seratus sampai limaratus buah genteng yang satu buah gentengnya di jual sekitar tiga ratus sampai tigaratus enampuluh rupiah.

Menurutnya kendala yang dihadapi dalam proses pembuatan gentengnya adalah harga bahan baku tanah liat yang semakin meningkat.

Menurut Bapak Sumarjo,bantuan yang diterima pertama kali diberi pinjaman dari bank BPD.

Hingga sekarang, perkembangan kerajinan genteng di desa mbrejo semakin pesat, sampai desa-desa di sekitar desa tersebut juga membuat kerajinan serupa, hingga kecamatan Godean dikenal akan kerajinan gentengnya. seperti misalnya salah seorang pengrajin genteng

Awal ia berusaha di kerajinan genteng pada tahun 1995, setelah ia bekerja di desa mbrejo, dan ia merasa cukup modal ,maka ia membuat usahanya sendiri.

Menurutnya, membuat genteng itu cukup mudah, dengan bahan tanah liat kemudian dicetak berbentuk bata dan dikeringkan.

Setelah siap untuk di cetak, kemudian dicetak menggunakan cetaan press.
Semudian genteng yang sudah di press tersebut di taruh di bagan, agar kering dulu, kemudian genteng tersebut dirapikan agar lebih baik hasilnya.
Setelah genteng sudah dirapikan, kemudian di jemur selama dua hari penuh. dan setelah kering kemudian genteng dikumpulkan di tobong.

Setelah tobong tersebut itu penuh, kemudian genteng tersebut kita bakar di tobong selama satu hari, agar hasilnya bagus.

Setelah genteng tersebut matang kemudian dibiarkan dulu sampai tiga hari atau menunggu pesanan.

Menurut pak Andari Puspopranoto, kendala dalam pembuatan gentengnya bila mendapat tanah liat yang jelek.
Salah satu kendalanya bila musim hujan, genteng yang sudah di cetak tidak bisa di jemur.

Menurut pak Andari Puspopranoto, salah satu trik dalam usaha kerajinannya ialah mengutamakan kualitas, menurutnya kualitas yang bagus, akan menarik pembeli.
Melalui pengalaman dan ketekunan masyarakatnya dalam berproduksi kerajinan genteng , maka kecamatan Godean di kenal sebagai sentra kerajinan genteng, hingga saat ini, masyarakatnya di kecamatan Godean sebagian besar berprofesi sebagai pengrajin genteng , yang menurut masyarakatnya dapat mencukupi kebutuhan hidupnya.

4 Komentar

  1. sepepmoen said,

    18 Desember, 2008 pada 12:57 pm

    asu bajingan kowe ra ngono tho! mau nyewa aku gak? cm 100.000 per malam

  2. Paijo Sadam said,

    25 Agustus, 2009 pada 7:45 am

    Koramil, Pasar Godean, Senuko, Klajuran, Gesikan, Pasar Bibis, Balai Desa Sidokarto, Puskesmas Godean II, mBantulan, Demak Ijo, and seluruh wilayah di Sekitar Desa Sidokarto godean. Lama untuk bertemu kembali karena ku sudah kerja di jakarta pusat kebon sirih. Libur pun cuma bisa 2 sampai 3 hari. Sekali pulang habis Rp 230.000. Alhamdulillah gajiku di atas 5jt jadi dalam hati ada rasa ayem. Namun karena kerja jadi susah untuk pulang ke GOdean. Semoga bisa cari waktu luang, pulang kembali ke tanah kelahiran Godean…………………………….

  3. meno said,

    30 April, 2011 pada 11:01 pm

    numpan nanya ne…apa di situ jg terima pesanan sesuai dgn uk konsumen,keb saya lgi cri nok ending sebanyak 2000 pcs.apa saya bisa pesan di tempat bapak.makasi.meno surabaya

  4. meno said,

    30 April, 2011 pada 11:02 pm

    maaf uk yg saya butuhkan 16x16x40.mohon balasannya.thax


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: